Prak 09 – Membuat Aset Sekunder (Capsule)

1. Tujuan
Praktikum ini bertujuan untuk mengenal teknik 3D modeling yaitu Polygon Modeling.
2. Alat
Cinema 4D R16
3. Bahan
Tanpa bahan

4. Dasar Teori
Polygonal modeling merupakan teknik modeling 3ds max yang paling banyak digunakan. Hal ini karena teknik ini simple, mudah dipelajari, dan cepat dalam membuat sebuah model. Polygonal modeling disebut juga dengan sculpting (memahat) karena proses/hasil dari teknik ini menyerupai memahat atau pahatan. Teknik ini paling banyak digunakan oleh modeller karena relatif mudah, simple, cepat dalam pengerjaannya dan tidak membutuhkan resource komputer yang besar. Teknik polygonal modeling ini lazimnya adalah menggunakan obyek dasar pada standar primitives geometry dan kemudian dimodifikasi menjadi obyek yang diinginkan. Untuk memulai teknik ini obyek standar pada primitive geometry terlebih dahulu dikonversi menjadi editable mesh atau editable poly dan kemudian dengan memanipulasi atau editing pada vertex, edge, face, poly, border, atau element dapat digunakan untuk membuat model yang sangat kompleks sesuai kebutuhan dengan relatif cepat.

https://oprekzoneimage.files.wordpress.com/2014/11/poly.jpg

Subdivision Surface merupakan teknik yang pertama dikenalkan oleh Ed Catmull dan Clark dari Pixar pada tahun 1978. Awalnya teknik ini hanya digunakan untuk merepresentasikan bidang yang halus, namun belakangan dimanfaatkan bersamaan dengan teknik yang bernama sculpting (pahat), sehingga memungkinkan seseorang memahat objek 3D dalam bentuk digital.

http://lgdv.cs.fau.de/uploads/lectures/images/subdivision.gif
Smooth Shift adalah Tool dalam Cinema 4D dimana fungsinya adalah untuk menghaluskan (Sublimate) path. untuk mengaktifkan tool ini tekan Shortkey "M" kemudian "Y".


5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan 

6. Petunjuk Praktikum
1. Target Aset yang akan dibuat


2. Membuat bentuk polygon dasar

3. Memperhalus bentuk menggunakan subdivision surface

7. Hasil Praktikum





8. Kesimpulan
Pada praktikum 9 untuk Membuat Aset Sekunder (Capsule), penulis mengalami kesulitan saat modeling pada objek ini, sehingg hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan apa ayang dicontohkan pada tutorial. Level pembuatan objek capsule ini memang lumayan rumit. Pada kasus ini, penulis mengulangi step-step yang diberikan sehingga mendapatkan hasil yang sesuai. 

9. Referensi

Comments

Popular posts from this blog

Prak 1 - Mengenal Tampilan Adobe Flash Professional

Prak 2 – Membuat Animasi Stickman Menggunakan Adobe Flash Professional

Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material