Prak 08 – Membuat Material Mirip Lampu Stadion

1. Tujuan
Praktikum ini bertujuan untuk mengenal contoh pembuatan material yang bersifat spesifik dalam hal ini adalah sebuah material yang terlihat seperti lampu stadion. 
2. Alat
Cinema 4D R16
3. Bahan
Tanpa bahan

4. Dasar Teori
Bump Map, bump map merupakan gambar hitam putih dari material yang kita gunakan. Bagian yang terang adalah adalah bagian yang timbul sedangkan bagian yang gelap akan masuk kedalam. 

Channel Color adalah sebuah channel yang memiliki fungsi untuk memberikan warna yang sesuai pada objek yang dinginkan.

Reflectance atau reflektansi yaitu jika suatu bahan disinari, cahaya yang keluar menjauhi bahan tidak semata mata berasal dari pemantulan oleh permukaan luar saja, akan tetapi cahaya juga bisa berasal dari fraksi cahaya yang berhasil lolos masuk ke dalam bahan, terpantul dan terhambur berulang kali oleh butiran-butiran bahan dan akhirnya keluar lagi dari permukaan semula menjauhi bahan. Pada kasus ini reflectance sendiri berfungsi memberikan pantulan cahaya pada objek seolah olah seperti lampu stadion.

Channel Luminance adalah sebuah channel yang diaplikasikan pada objek untuk memberikan efek bercahaya pada objek tersebut.

Texture Circle meiliki fungsi memberikan tekstur lingkaran pada objek yang diplih.

5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan 

6. Petunjuk Praktikum

Membuat material mirip lampu stadion

7. Hasil Praktikum




8. Kesimpulan
Pada praktikum pembuatan material mirip lampu studion ini penulis tidak menemukan kesulitan pada saat pengerjaan karena tutorial yang diberikan dosen sudah sangat jelas dan mudah dimengerti sehingga praktikum sesuai dengan yang diharapkan.

9. Referensi

Comments

Popular posts from this blog

Prak 1 - Mengenal Tampilan Adobe Flash Professional

Prak 2 – Membuat Animasi Stickman Menggunakan Adobe Flash Professional

Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material