Prak 05 – Adding Flare, Particles, Vignette, and Chrome Aberration

1. Tujuan
Pada tahap ini, bertujuan untuk menambah detail dari animasi logo dari praktikum sebelumnya. Dengan cara menambahkan flare dan particles. Kemudian menambahkan lens effect seperti vignette dan chrome aberration.
2. Alat
Adobe After Effects CC 2015
Maxon Cinema 4D R16
Knoll Light Factory
Trapcode Particular
3. Bahan
Hasil praktikum sebelumnya
4. Dasar Teori
Suar (Inggris:Flare) adalah salah satu bentuk piroteknik yang menghasilkan cahaya yang sangat terang atau panas tinggi tanpa menghasilkan ledakan. dalam after effect, flare adalah satu efek yang menghasilkan pancaran cahaya yang berpendar, flare dalam after effect bisa kita variasi melalui preset. banyak yang bisa kita ubah dan variasikan seperti warna, jarak pendar, kecerahan dan ketajaman tergantung dengan flare yang ingin kita hasilkan. 

Particles Dalam grafik komputer, partikel adalah sebuah elemen dari sistem partikel (simulasi). Tidak jauh berbeda dengan after effect, istilah particles berhubungan dengan efek yang disediakan atau di fasilitasi oleh after effect untuk memberikan tambahan partikel yang jumlahnya sangat banyak dengan ukuran beragam. biasanya digunakan untuk menciptakan percikan api , salju atau partikel berbasis efek grafis gerak. Dengan kontrol atas jenis partikel , bentuk, ukuran , warna dan blending mode , Anda dapat membuat setiap partikel terlihat begitu baik dan sesuai yang dibayangkan. Anda dapat menambahkan blur dan mengatur emisi partikel untuk mengikuti jalan cahaya 3D , sehingga memungkinkan untuk menciptakan animasi yang lebih mendalam. Partikel juga bereaksi terhadap lampu di ruang 3D Effects, dan dapat diatur untuk menerima bayangan. 

Vignette adalah efek yang muncul di pinggiran foto atau gambar yang tampak gelap bila dibandingkan dengan bagian tengah. Bisa langsung berupa bayangan tebal atau tergradasi dari yang tipis, pekat atau lembut, tergantung pada jenis vignette-nya. Efek ini bisa jadi sesuatu yang menguatkan sebuh foto atau malah merusak. Vignette bisa menarik perhatian pada bagian tengah foto, cocok untuk objek semacam portrait, tapi juga bisa membuat sebuah foto terasa berlebihan atau kehilangan kualitas foto karena bagian tepinya. Tidak berbeda jauh dengan yang diaplikasikan dan video, vignette juga untuk menambah pinggiran frame lebih gelap dibanding bagian yang semakin ke tengah. 

Chromatic Aberration (CA) atau disebut juga "Color Fringing" adalah penyimpangan fokus warna yang diakibatkan oleh kegagalan lensa kamera dalam menjatuhkan titik fokus semua warna tepat pada sensor. Hal ini ditimbulkan karena focal length untuk masing-masing panjang gelombang adalah berbeda.
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut: 
1. Tambahkan Flare 
2. Tambahkan Particles 
3. Tambahkan Vignette 
4. Tambahkan Chrome Aberration
6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum

1. Menambahkan flare menggunakan Knoll Light Factory
2. Menambahkan particle menggunakan Trapcode Particular
3. Menambahkan lens effect Vignette

4. Menambahkan lens effect Chrome Aberration
7. Hasil Praktikum

8. Kesimpulan
Pada praktikum tahap ini, bertujuan untuk menambah detail dari animasi logo dari praktikum sebelumnya. Dengan cara menambahkan flare dan particles. Kemudian menambahkan lens effect seperti vignette dan chrome aberration. Penulis tidak menemukan banyak kesulitan, hanya saja bermasalah dengan plug in yang belu ada pada after effect sehingga harus mendownload dan menambahkan.
9. Referensi

Comments

Popular posts from this blog

Prak 1 - Mengenal Tampilan Adobe Flash Professional

Prak 2 – Membuat Animasi Stickman Menggunakan Adobe Flash Professional

Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material