Prak 03 – Secondary Assets, Logo Movement, F-Curves

1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.
2. Alat
Adobe Illustrator CC 
Maxon Cinema 4D R16
3. Bahan
1. Hasil praktikum sebelumnya
2. Asset sekunder download
4. Dasar Teori
Secondary Asset berfungsi sebagai asset tambahan untuk menambah kompleksitas animasi 3D. 

F-Curves adalah kurva cepat/lambatnya pergerakan animasi. digunakan untuk mengatur Ease-in maupun Ease-out. F-Curves juga sangat membantu jika ingin menggunakan animasi efek bounce, wave, dll.


5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut: 
1. Tambahkan secondary Assets 
2. Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo) 
3. Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves
6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum

1. Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path

2. Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo)
3. Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves
7. Hasil Praktikum


8. Kesimpulan
Pada praktikum ini kesulitan yang saya alami adalah ketika pada saat menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path kemudian ketika pengaturan helix dan mensinkronkan supaya enak dilihat. Solusinya adalah mengubah angka end angle dan height sesuai dengan keinginan saya.
9. Referensi

Comments

Popular posts from this blog

Prak 1 - Mengenal Tampilan Adobe Flash Professional

Prak 2 – Membuat Animasi Stickman Menggunakan Adobe Flash Professional

Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material