Prak 15 - Animasi Menggunakan Programming

1. Tujuan
Mengenal bentuk lain pembuatan animasi. Yaitu pembuatan animasi menggunakan programming.
2. Alat
Adobe Flash Professional CS6

3. Bahan
Download file tersebut kemudian extract. Ambil file "Flint2D_4.0.1.swc"

4. Dasar Teori
Membuat animasi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menggunakan programming. Salah satu bentuk programming untuk membuat animasi Particle System.
5. Tugas Praktikum
1. Lakukan petunjuk praktikum yang diberikan
2. Ubah posisi dari animasi tersebut
3. Ubah warna dari animasi tersebut
4. Ubah radius dari animasi tersebut
5. Ubah posisi animasi tersebut setiap kali muncul

6. Petunjuk Praktikum
1. Buat project ActionScript 3

2. Buka action windows dengan menekan tombol "action" pada panel di sebelah kanan


3. Salin kode berikut pada "action" window

1. Sehingga "action" window berisi kode seperti berikut

2. Buka "ActionScript Setting"

3. Pilih tab "Library Path" klik icon "Browse to SWC"
6. library_path_and_browse_to_swc
4. Pilih file swc "Flint2d_4.0.1.swc"

5. Pastikan file swctersebut muncul pada daftar

6. Tekan "OK" kemudian jalankan movie-nya (Test Movie, Ctrl + Enter)

7. Hasil Praktikum

8. Kesimpulan
Pada praktikum ini peneliti bisa membuat animasi dengan menggunakan berbagai cara. Pada praktikum ini peniliti menggunakan cara programming. Salah satu bentuk programming untuk membuat animasi adalah Particle System.

9. Referensi
Moh Hasbi Assidiqi
Create Fireworks animation using Flint Particle Engine

Comments

Popular posts from this blog

Prak 1 - Mengenal Tampilan Adobe Flash Professional

Prak 2 – Membuat Animasi Stickman Menggunakan Adobe Flash Professional

Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material